Selasa, 04 Agustus 2015

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris dari Membaca

belajar bahasa inggris, reading practice, reading, tips belajar bahasa Inggris, graded reader,

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris dari Membaca


Mendengar kata membaca, pasti kita akan membayangkan bahan bacaan yang berisi deretan kata dan kalimat yang banyak dan cenderung membosankan. Benar gak? Selain itu, membaca pun selama ini identik dengan bacaan yang bahasanya susah dicerna terutama jika membaca (reading) bacaan berbahasa Inggris. Ketika kita belajar membaca bahasa Inggris di kelas misalnya, bagaimana sih harus mengucapkan kata ini atau kata itu? Mungkinkah ada bacaan yang mudah ketika saya pertama kali belajar bahasa Inggris? Sederet pertanyaan inilah yang akan coba saya sharingkan pada teman-teman semua kali ini dan bagaimana pengalaman saya belajar belajar bahasa Inggris dari membaca.


Membaca yang “Keliru”


Ketika pertama kali ingin membaca bacaan berbahasa Inggris saya sangat ingin sekali membaca cerita Harry Potter tetapi apa hendak dikata bahasanya yang sulit dan banyak istilah asing membuat saya akhirnya menyerah untuk sementara waktu. Tapi karena penasaran dan setelah mencari ke sana kemari akhirnya saya menemukan sebuah website yang mengatakan bahwa sebenarnya kalau ingin belajar bahasa Inggris pun kita harus menyesuaikan diri terhadap bacaan karena setiap bacaan mempunyai tingkat kerumitan masing-masing sehingga jika salah-salah membaca maka menjadi putus ada dan menyerah.

Tingkatan (level) membaca dalam bahasa Inggris


Teman-teman mungkin selama ini kita tidak menyadari bahwa di dalam membaca sebenarnya ada tingkatan-tingkatannya sendiri lho. Contoh yang paling mudah adalah bacaan anak-anak biasanya lebih banyak dihiasi dengan gambar daripada kata-kata dan biasanya menggunakan pola bahasa yang mudah. Lalu seiring bertambahnya usia bacaan pun semakin lama menggunakan bahasa yang lebih kompleks. Begitu juga ketika kita ingin dalam mendalami bacaan berbahasa Inggris ada tingkat kesulitan bahasanya. Selama ini kita sering menemui bahan bacaan yang seringkali menggunakan struktur yang rumit, padahal kita baru dalam tahap awal belajar bahasa Inggris. Tentu saja ini sangat  berpengaruh karena kita akan mengalami kesusahan memahami bacaan itu. Oleh karena itu, bahan bacaan haruslah mengikuti level belajar kita atau kita menyesuaikan bacaan sesuai dengan kemampuan kita. Dalam bahasa Inggris, tingkatan ini sering dikenal dengan istilah Grade Reader.

Pengertian level demi level Grade Reader


Ada 7 tingkatan dalam grade reader tersebut mulai dari level 1 sampai level 7, mulai dari bacaan yang singkat sampai yang panjang. Dari masing-masing level ini ceritanya bervariasi dan umunya diadopsi dari novel-novel terkenal yang ditulis ulang tanpa menghilangkan rasa dari cerita aslinya. Saya akhirnya semakin tertarik membaca novel grade reader ini karena memang ceritanya ringan dan mudah dimengerti tapi biarpun semakin tinggi tingkatannya semakin sulit tetapi setidaknya bisa menumbuhkan minat membaca saya. Berikut pembagian level menurut jumlah katanya :
  • Easy level = 200 words
  • 1 Beginner = 300 words
  • 2 Elementary = 600 words
  • 3 Pre-Intermediate = 1200 words
  • 4 Intermediate = 1700 words
  • 5 Upper Intermediate = 2300 words
  • 6 Advanced = 3200 words
Biasanya di akhir cerita akan ada beberapa pertanyaan yang akan menguji seberapa jauh kalian memahami isi bacaan tapi tentu saja ini tidak wajib kalian isi. Selain itu ada pula vocabulary yang bisa kalian hafalkan dari bacaan tersebut.

Baca dan Download Novel Grade Reader di sini


Membaca cerita anak-anak

Jika kita pertama kali INGIN belajar bahasa Inggris, maka kita ini ibarat seorang anak kecil. Oleh karena itu, tidak salah kalau kita membaca cerita anak-anak. Selain bahasanya mudah dicerna dan umumnya berisi cerita pendek, cerita untuk anak-anak disusun dengan struktur atau tata bahasa yang baku. Salah satu situs yang menyediakan banyak cerita anak-anak adalah Magickey. Di Magickey, selain menyediakan cerita anak juga ada beberapa permainan dan kuis yang bisa kalian pilih.

Baca juga : Cerita Pendek Berbahasa Inggris yang syarat akan nilai-nilai kehidupan




Manfaatkan komik online


Sekarang serbuan komik-komik online memberikan kemudahan pada kita untuk membaca komik-komik populer atau bahkan komik favorit kita. Komik-komik Jepang biasanya tetap menjadi pilihan seperti Naruto, One Piece, Bleach, dll. Biasanya bahasa yang digunakan lumayan ringan dan menggunakan bahasa sehari-hari tetapi tidak jarang juga menggunakan bahasa slang atau idiom tertentu. Selain itu, bila kalian ragu bisa membacanya dalam versi bahasa Indonesia. Contoh beberapa situs manga yang bisa kalian kunjungi adalah mangatown atau kalian juga bisa  melihat daftar komik selain manga 

Atau bisa menggunakan aplikasi Webtoon yang bisa di install di smartphone kalian

Belajar reading dari audio book


Pertanyaan besar yang seringkali muncul adalah “Bagaimana sih pengucapan katanya?” Jika dulu kita masih sering menggunakan cara tradisional yaitu membawa dan membuka kamus maka sekarang saatnya kita beralih menggunakan media digital. Banyak sekali web yang menyediakan audio book dimana kita bisa mendengarkan seorang native speaker membacakan ceritanya dan mendengarkan bagaimana pengucapan dengan kata tertentu. Walaupun kalian sebenarnya bisa menggunakan google translate untuk mengatasi masalah ini.




Kesimpulan:


Jika selama ini kita keliru karena membaca bahan bacaan yang berat apalagi berbahasa Inggris, sekarang saatnya kita coba belajar dari yang paling mudah. Ada banyak bacaan yang mudah yang bisa kita pilih terutama dengan bahasa yang ringan sehingga mudah di pahami.Kebanyakan kisah biasanya dimulai dari cerita masa lalu walaupun tidak semuanya. Dari sana secara tidak langsung kita bisa belajar bentuk waktu (Tenses).Ini jauh lebih menarik daripada kita belajar dengan cara menghafalkan deretan rumus-rumus tenses.  Selain itu kita juga akan menemukan banyak percakapan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan tentu saja akan menambah perbendaharaan kata (vocabulary) kita. Semakin banyak vocab yang kita kuasai akan semakin mudah kita memahami bahan bacaan dan tentu saja akan membuat kita semakin mudah mengerti bahasa Inggris.

Apakah kalian juga belajar bahasa Inggris dari membaca? Atau bagaimana pengalaman kalian belajar bahasa Inggris? Atau kalian punya refensi bahan bacaan yang mudah atau menarik? Let me know in the comments ! 

Artikel Terkait

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris dari Membaca
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

4 komentar

4 Agustus 2015 21.12 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
15 September 2016 17.39 delete

iya memang mudah jika diterapkan seperti itu, apalagi sembari bermain game yang berbasis bahasa luar :D

Reply
avatar
31 Oktober 2016 00.24 delete

iya gan, jadi gak terasa sambil belajar ya !

Reply
avatar