Kamis, 03 Desember 2015

18 Tips Belajar Bahasa (Tips dari Polyglot)


18 Tips Belajar Bahasa (Tips Polyglot) 


18 Tips Belajar Bahasa. Hari ini saya menemukan video yang sangat keren, dari seorang polyglot asal Belanda. Dalam beberapa videonya ia mendemonstrasikan kemampuan berbicara banyak bahasa (termasuk bahasa Indonesia lho). Pria ini bernama Wouter Corduwener. Video pertama yang saya tonton adalah ia berbicara 18 bahasa kepada turis di jalan, lalu selanjutnya saya berkunjung ke channel youtube dan menemukan 18 tips belajar bahasa (18 Language Learning Tips) ini. Kendati sebenarnya ini tips untuk para teman kita yang sudah pandai bahasa Inggris dan ingin belajar bahasa lain tapi saya rasa tips ini juga cocok untuk kita yang sedang belajar bahasa Inggris. Apa saja kah tips belajar bahasa Inggris kali ini? Berikut tips-tipsnya !


#1 You already know something

Setidak-tidaknya kita sudah tahu beberapa kata atau paling tidak pernah mendengarkan orang mengucapkan kata atau kalimat dalam bahasa Inggris. Cari kira-kira ada tidak kesamaannya dengan bahasa kita. Dalam pelajaran bahasa Indonesia kita mengenal kata serapan, kata-kata ini diambil dari bahasa asing dan itu sudah menjadi indikasi bahwa ada beberapa kata yang sudah kita ketahui atau bahasa serapan.

Baca : 200 Frasa yang mudah dan sering digunakan sehari-hari untuk level pemula.

#2 Make videos

Ingin mengetahui seberapa besar kita menguasai bahasa Inggris? Ternyata kita bisa membuat video dan mensharingkannya. Dari sana kita bisa mencari tahu atau meminta masukan dari teman-teman kita atau mungkin langsung dari para penutur aslinya (orang Inggris). Biasanya mereka akan senang membantu mengoreksi kesalahan kita.

#3 Memory trick

Kebanyakan trik yang digunakan para polyglot untuk belajar banyak bahasa dan bisa mampu mengingat banyak kosa kata adalah menggunakan teknik mnemonik. Teknik mnemonik ini intinya adalah menggambarkan kata itu menjadi sebuah cerita dalam otak kita. Misalnya ketika saya ingin mengingat kata "amuse" saya akan membayangkan grup musik Muse tampil di atas panggung dengan pakaian badut lalu menyanyi dangdut. amuse sendiri berarti menghibur/membuat ketawa. 

Baca : Contoh penggunaan Mnemonic untuk membantu saya mengingat sebuah kata.


#4 Be confident

Kesalahan ketika belajar itu sebenarnya bisa. Rasa takut itulah yang kadang membuat kita menjadi kurang percaya diri. Jadi ketika belajar ya belajar percaya diri, biarpun pengucapan banyak yang salah atau penguasaan grammar masih yang buruk tidak masalah karena itu semua adalah bagian dari proses belajar. Percaya diri saja !


#5 Practice with other people

Belajar sendiri kadang-kadang tidak selalu menyenangkan. Oleh karena itu, cobalah untuk mencari teman berlatih. Berlatih dengan teman juga dapat meningkatkan kepercayaan diri.

#6 Use social Media

Sosial media seperti facebook tidak hanya menghubungkan kita dengan teman lama tapi juga teman baru yang bisa kita ajak untuk belajar bareng atau mungkin sekedar tanya-tanya, atau mungkin sharing pengalaman.

#7 Be prepared on question

Melontarkan pertanyaan yang sama pada orang yang sama mungkin akan membosankan, tapi kalau  melontarkan pertanyaan yang sama untuk orang yang berbeda mungkin lain cerita. Pertanyaan ini sebenarnya kita jadikan pancingan untuk membuka percakapan dan biasanya percakapan akan mengalir dengan sendirinya.

#8 Have fun

Tidak ada hal yang menyenangkan dari pada melakukan sesuatu dengan hati gembira. Untuk menjadikan bahasa Inggris yang menyenangkan kita harus mencari topik yang menyenangkan juga. Jangan mencari topik yang membahas politik kalau tidak suka politik. Bisa aja kita hanya membaca komik atau berita olahraga.

Baca : 6 Cara Belajar bahasa Inggris tanpa BELAJAR.

#9 Listen to music

Siapa yang tidak suka musik? Semua orang suka musik. Saatnya mengisi lagu-lagu di playlist kita dengan lagu-lagu bahasa Inggris lalu cari liriknya. Aplikasi smartphone android seperti JOOX sudah menyediakan lirik dalam tiap lagunya.

#10 Explain what you've learned

Ketika kita belajar, jangan takut untuk mengatakan dimana kekurangan kita. Jelaskan kesulitan kita! Jangan malu untuk bertanya, saya rasa pasti kawan yang akan  dengan senang hati untuk membantu.

#11 Watch polyglot video

Polyglot terkenal seperti Benny Lewis, Richard Simcott, atau Luca Lampariello adalah orang-orang yang sangat mencintai bahasa. Mereka bisa bicara lebih dari 7 bahasa. Kebanyakan video mereka berisi tentang sharing mereka belajar bahasa dan ini sangat berguna bagi kita yang belajar bahasa Inggris. Silahkan cek nama-nama di atas.

#12 Watch Language Tutorial

Ada ribuan video tutorial yang bisa kalian lihat di youtube dan pelajari. Saya rasa semuanya gratis kecuali jika kalian ingin kursus privat melalui skype atau harus daftar premium member untuk website tertentu. Kalian bisa selalu mengupdate pengetahuan setiap harinya dari channel terkenal seperti BBC Learning English.

#13 Repeat words

Tidak semua orang memiliki kemampuan membaca sekali langsung ingat seumur hidup. Kebanyakan dari kita perlu membaca berkali-kali agar ingat. Setidaknya kata tersebut harus diulang 10 kali sebelum tidur, seperti yang dikatakan oleh Wouter.

#14 Language Groups

Sebenarnya pada video ini, Wouter bicara tentang kesamaan bahasa misalnya Spanyol, Italia, Portugis yang memiliki kesamaan. Bagi kita yang belajar bahasa Inggris ya cukup mengelompokkan kata-kata yang mirip-mirip misalnya though, thought, through, dll.

#15 Talk with people who don't speak english

Nah, pada poin ini kita akan melihat bahwa jika kita ingin belajar bahasa baru kita benar-benar harus terjun ke sana. Gunakan kamus Oxford Inggris-Inggris sehingga kita mengartikan setiap kata pun dalam bahasa Inggris. 

#16 Understand the culture

Belajar bahasa Inggris tidak hanya sebatas pada bahasanya saja tapi juga tentang segala sesuatu yang ada di dalamnya termasuk juga budaya, sejarah, adat istiadat, kebiasaan dan intinya belajar juga tentang kehidupan mereka.

#17 Visit the country

Ide yang bagus adalah mengunjungi negara yang penduduknya bicara bahasa Inggris. Jika terlalu jauh untuk pergi ke Inggris atau Amerika, kita bisa menabung untuk pergi ke Singapura atau Australia.

#18 Order food in restaurant

Pada poin ini saya yang bertanya adakah restoran di Indonesia yang pelayannya orang bule sehingga kita harus memesannya dalam bahasa Inggris?

Nah berikut ini adalah video 18 tips belajar bahasa ! (Video dalam bahasa Inggris)



Nah, itu tadi 18 tips belajar bahasa yang juga bisa kita gunakan untuk belajar bahasa Inggris. Semoga bermanfaat !


Baca juga artikel menarik lainnya

Motivasi mengapa saya di umur 25 tahun baru belajar bahasa Inggris

Ini cara saya belajar bahasa Inggris dari membaca

Langkah pertama belajar bahasa Inggris dari Listening

Lihat cara-cara saya belajar bahasa Inggris

Sampai ketemu di artikel saya yang lain

Artikel Terkait

18 Tips Belajar Bahasa (Tips dari Polyglot)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email