Rabu, 16 November 2016

6 Cara untuk Bisa Bahasa Inggris tanpa Belajar

6 Cara Untuk Bisa Bahasa Inggris tanpa "Belajar"


Bisa bahasa Inggris tanpa belajar? 

Mungkinkah?

Bukankah selama ini banyak siswa siswi yang datang ke sekolah dengan tujuan belajar malah akhirnya tidak paham dan mengerti juga?

Jangankan di pelosok desa yang nun jauh di sana, di kota-kota besar pada sekolah tertentu pun juga ada kasus seperti ini

Kadang-kadang banyak hal di sekolah yang malah membuat pelajarnya semakin bingung dan tidak jarang gurunya juga ikut-ikutan bingung. lho

Okey, bagaimana bisa seorang memahami bahasa Inggris tanpa belajar?

tips belajar bahasa Inggris, belajar bahasa inggris, bisa bahasa Inggris


Lewat bermain Game


Semua sudah tahu bahwa segala aktivitas dewasa ini sangat berhubungan erat internet dan smartphone. Entah untuk berinteraksi lewat media sosial atau hanya sekedar bermain game.

Ada perbedaan mencolok yang sebenarnya bisa kita lihat dari sini, mengapa kadang di luar dugaan kita, pelajar yang suka main game punya kemampuan bahasa Inggris yang bagus.

Benarkah kalau game telah mengajari mereka sesuatu?

Bisa jadi karena kebanyakan game menggunakan bahasa Inggris sehingga sedikit demi sedikit mereka mengerti pengucapan, alur cerita, percakapannya.
Jadi bisa bahasa Inggris dengan bermain game tanpa harus belajar dengan buku teks.

Tips : Beberapa teman menyarankan jenis game RPG atau petualangan, namun semua game selama kita nikmati dan kita simak kata-kata dan ceritanya yang kebanyakan berbahasa Inggris itu akan berguna untuk kita.

Saya bukan gamers, cara ini saya dapatkan dengan bertanya langsung pada teman-teman yang hobinya bermain game ini dan inilah jawaban mereka.


Lewat media sosial


Sekarang kita lihat teman-teman yang menggunakan media sosial seperti misalnya twitter. Banyak artis yang menggunakan media sosial ini untuk berinteraksi dengan para penggemarnya.

Karena tiap hari ngikuti sang idola bukan tidak mungkin ia bisa melihat bagaimana sih mereka membagikan ceritanya lewat kalimat atau membaca respon dari penggemar yang lain. Sehingga mulailah mereka sedikit-sedikit memahami maksud tweet tersebut dengan menggunakan google translate, mengerti beberapa ungkapan bahasa Inggris ataupun bahasa slang nya.

Lewat medsos lain seperti instagram juga sama, selain foto biasa berisi diskripsi tentang momen foto itu. Komentarnya pun kadang beragam sehingga bisa dilihat seperti apa sih orang mengomentarinya. Jika ada komentar yang menarik sekaligus tidak mengerti langsung googling saja.

Jadi bisa bahasa Inggris tanpa belajar dengan melalui media sosial saja sudah cukup kok !

Tips : Follow akun-akun artis di twitter atau instagram, perhatikan status dan komentar-komentar di sana, kalau belum menangkap maksudnya buka kamus atau google untuk mencari siapa tahu kalimatnya berupa ungkapan.

Cara ini saya temukan dari cerita pengalaman seorang siswi saya dulu. Guru keren belajar dari siswanya. Pfffft...



Lewat video di Youtube


Ada yang suka genre komedi atau video-video prank?

Dengan memperbanyak nonton video seperti ini dijamin telinga akan semakin terlatih dan bukan tidak mungkin kita jadi ikut-ikutan gaya para komedian tersebut.

Bahasa mereka jauh lebih natural, alih-alih bilang "How are you?" Mereka akan bilang, "Yow, what's up dude?"

Kalau terlalu sopan malah seperti robot.

Jadi bisa bahasa Inggris lewat nonton youtube sangat mungkin terjadi.

Tips : Cari video lucu, kalau dulu saya tiap hati menonton video pewdiepie yang penuh dengan umpatan itu atau beberapa video wawancara kocak di pantai. Ya pria pasti tahulah apa yang kocak kalau udah namanya "Beach"

Kalau sudah terhibur dengan tingkah kocak mereka siapa yang peduli dengan belajarnya. Nanti lama-lama otomatis bisa sendiri.

Lewat lagu-lagu barat


Mau suka lagu pop, rock, atau pun metal jika kita bisa mengakses liriknya tidak masalah.

Tidak tahu artinya, jangan menyerah.

Yang penting happy (mengutip kata di iklan).

Kalau belajar grammar buat kita tersiksa, tapi jadi vokalis screamer ala metal pasti gak protes kan?

Kalau belajar tense 2 menit tepar, nyanyi lagu rock 2 album masih segar bugar.
Bahagia dulu, kalau tidak bagaimana bisa masuk otak.

Ada teman yang nilai bahasa Inggrisnya jeblok tapi hafal puluhan lagu? Prospek mana, yang hafal banyak lagu bisa aja jadi penyanyi minimal bisa jadi penyanyi di cafe.

Jadi bisa bahasa Inggris lewat mendengarkan lagu bukan hal yang lumrah.

Tips : Tiap dengarin lagu usahakan untuk mencari liriknya lewat internet. Mulai dari lagu yang pelan dulu saja namun bisa juga kalau ingin langsung ngerap biar sekalian keseleo lidahnya.


Membaca Novel Bahasa Inggris


Beli novel bahasa Inggris mahal? Itu cara lama, install aplikasi Wattpad aja di smartphone udah bisa baca ribuan novel bahasa Inggris. Dari berbagai genre mulai dari romance, horor, fantasy, science fiction, dll.

Bisa juga download novel graded reader yang sudah ada level-level bacanya.

Namun di wattpadd bisa juga cari yang mudah bahasanya dan cenderung menggunakan bahasa sehari-hari.

Siapkan kamus saja buat cari kata yang benar-benar susah dan jangan lupa note sama alat tulis untuk di catat biar tidak lupa.

Jadi bisa bahasa Inggris dari membaca novel, sangat bisa karena di sana strukturnya kalimat lebih kompleks.



Lewat chatting dengan bule


Sekarang semakin banyak situs dan aplikasi yang menyediakan fitur chat untuk skala global. Coba-coba aja tambahkan sebagai teman lalu kirim pesan.

Biasa yang cowok add cewek atau sebaliknya, namun tidak jarang add friend berdasarkan kesamaan hobi.

Kalau sudah demikian bahasa tidak lagi jadi masalah. Mau kebolak balik atau grammarnya tabrak sana sini bukan halangan untuk bisa menjalin komunikasi.

Kalau tidak tahu gimana, mentok-mentok ya pakai google translate. Tapi kalau sudah sering dipakai bukan tidak mungkin akan ingat dan otomatis terekam dalam otak kita.

Jadi bisa bahasa Inggris cuma dari kirim-kirim pesan seperti ini, sekaligus berkomunikasi dengan orang lain.

Pandai bahasa kalau cuma nilai dikertas buat apa kan?

Tips: Kalau ingin mencari teman lintas negara, saya biasanya menggunakan google hangout untuk chatting dulu sempat menggunakan interpals penpals juga namun sekarang sudah jarang.

Namun cara-cara di atas punya kelemahan juga, salah satunya kita tidak menguasai teorinya padahal faktanya untuk bisa sukses di bidang apalagi dunia kerja sudah diberlakukan standar baku.

Tapi saya percaya dengan cara di atas ditambah dengan sedikit polesan akan membuat kita lebih mudah menaklukkannya.

Lagian kalau sekarang diberlakukan juga tes bahasa Indonesia, yakin bisa pada lulus dengan nilai tinggi, jangan-jangan masih ada juga yang nilainya di bawah 70 padahal bahasa sendiri.

So, buang kata BELAJAR jauh-jauh dulu, mulailah untuk MENYUKAI dan menjadikannya bagian dari kehidupan sehari-hari.

Mungkin teman-teman punya cara lain dan ingin menambahkan cara untuk bisa bahasa Inggris tanpa belajar seperti contoh-contoh di atas.

Silahkan komentar kalian di bawah, siapa tahu nanti saya masukan ke dalam pembaharuan artikel ini juga.

Cheers!!!



Artikel Terkait

6 Cara untuk Bisa Bahasa Inggris tanpa Belajar
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email