Senin, 21 November 2016

Macam-macam kamus untuk belajar bahasa Inggris

Macam-macam kamus untuk belajar bahasa Inggris


Kamus adalah salah satu alat yang wajib dimiliki oleh setiap orang yang ingin belajar bahasa Inggris. Namun kamus ini sendiri ada beraneka ragam jenis, judul maupun penerbitnya sehingga tidak jarang kita kebingungan menentukan kamus mana yang akan kita beli.

Membeli kamus juga tidak sembarangan lho.

Mengapa?

Karena ada beberapa unsur yang harus kita perhatikan dalam menilai kualitas dari kamus itu sendiri, misalnya ukurannya (ada yang tebal dan pocket), ada tidak phonetic spellingnya, Inggris British atau Inggris Amerika, ada contoh prasanya atau tidak, dll. 

Ini juga yang menjadi pertimbangan sebelum kita membeli dan memilih kamus mana yang nantinya akan menemani kita belajar.

Melihat dari variasi kamus yang ada di pasaran saat ini, berikut ciri-cirinya



Kamus Indonesia Inggris atau Inggris - Indonesia


Kamus jenis ini banyak di jual di toko buku dan sangat umum digunakan untuk pelajar dari semua kalangan. Harganya beragam tapi tidak terlalu mahal seperti kamus tebal buatan Oxford. 


Biasanya ciri-ciri kamus ini terdapat jumlah kata, mulai dari 300 juta bahkan 5 miliar kata. Saya tidak bisa membayangkan kalau sampai semua kata itu bisa kita ingat, mungkin semua komputer di dunia di museumkan sajalah.


Selain jumlah kata, biasa di bagian tengah buku untuk memisahkan antara kamus untuk Indonesia Inggris dan Inggris Indonesia terdapat pelajaran sisipan seperti Tenses, Idiom, nama singkatan, mata uang, Regular Verb, Irregular Verb, dll. Biasanya tiap kamus akan bisa dibedakan dari sini.


Karena penerbitnya banyak jadi variasi dari kamus ini sendiri jadi banyak.


Kelebihannya adalah kita bisa menterjemahkan langsung kata per kata tapi di sisi lain penggunaan di berbagai contoh kalimatnya kurang. Jadi untuk sekedar mengartikan saya rasa kamus ini bisa sangat berguna.






Kamus Inggris Inggris



Saya dulu pertama tahu kamus Inggris-Inggris ini saat melihat seorang teman anak pendidikan bahasa Inggris. Kamusnya berjenis pocket dictionary atau kamus saku yang bentuknya agak kecil jika dibandingkan dengan kamus pada umumnya dan sangat fleksibel untuk dibawa kemana-mana.

Waktu itu saya agak bingung, kok arti katanya juga dalam bahasa Inggris ya ?


Hmmm...


Usut punya usut setelah saya memutuskan belajar bahasa Inggris setelah selesai kuliah, baru saya pahami ternyata para poliglot menggunakan cara kamus dengan tipe ini untuk belajar bahasa asing yang mereka pelajari.


Jadi bukan kamus terjemahan seperti kamus yang banyak digunakan oleh para pelajar saat ini.


Kamus ini sangat berguna saat kita mencoba mengingat katanya dari konteks kalimat termasuk kalau akhirnya kata tersebut menjadi sebuah idiom. 


Saya sendiri menggunakan kamus tebal (untuk level advanced) dan Pocket Dictionary (untuk ukuran kecil) dua-duanya terbitan Oxford.


kamus bahasa inggris, kamus inggris-inggris, kamus indonesia inggris, google translate
sumber : http://hausa.leadership.ng/




Kamus online




Jika ingin lebih mudah lagi gunakan kamus online. Kamus online bukan berarti google translate melainkan situs seperti Cambridge Dictionary (dictionary.cambridge.org) 


Kamus ini sama seperti kamus Inggris-Inggris tadi. 

Bahkan di Cambridge Dictionary pengertiannya bisa di dasarkan pada level pelajarnya. Maksudnya ada arti untuk level beginner, intermediate dan advanced (level A1-C2)




Google Translate



Tidak ada yang tidak tahu Google Translate (GT) baik versi website maupun versi mobile. Namun salah satu kelebihan GT ini di versi mobile adalah didukungnya fitur kamera untuk menangkap kalimat dan langsung mengartikannya.


Luar biasa praktis.


Namun, seperti di ketahui hasil translate aplikasi ini dalam kalimat masih belum bisa terlalu diandalkan. Oleh karena itu, masih banyak orang memerlukan jasa penerjemah.


Nah itu tadi beberapa macam kamus untuk belajar bahasa Inggris.


Artikel Terkait

Macam-macam kamus untuk belajar bahasa Inggris
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email