Jumat, 09 Desember 2016

Artikel Pilihan Penuh Inspirasi dan Ruar Biasa Minggu ini

Artikel Pilihan Penuh Inspirasi dan Ruar Biasa Minggu Ini


Minggu ini dipenuhi dengan pengalaman yang luar biasa. Banyak artikel yang menginspirasi dan memotivasi kehidupan pribadi saya. 
Seperti artikel Jumat lalu, hari ini saya juga ingin membagikan beberapa artikel yang luar biasa dan mungkin juga bisa menginspirasi pembaca semua. 
Artikel ini sendiri kebanyakan bersumber dari aplikasi Pocket yang ada di smartphone saya. 
Berikut artikel-artikelnya yang menginspirasi saya minggu ini

CEO David Bailey describes how he taught himself French in only 17 days


Artikel ini sendiri dijawab sendiri oleh David Bailey, CEO dari Spotlight pada sebuah diskusi di Quora. Ia menceritakan pengalamannya belajar bahasa Perancis dalam waktu dua minggu atau kurang lebih 17 hari. 
Itu terjadi ketika musim panas tahun 2005 silam, ketika ia tinggal di rumah temannya di desa kecil bernama Beaujolais di Perancis yang mayoritas penduduknya tidak bisa berbahasa Inggris. (bahkan temannya sendiri setelah mengetahui ambisinya untuk belajar bahasa Perancis juga menguruskan untuk tidak menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengannya
Berikut jadwal rutin yang dijalani Bailey setiap hari :
  • Bangun dan menuliskan tabel regular dan irregular selama 1,5 sampai 2 jam.
  • Sembari menulis ia mendengarkan Michael Thomas' Language Learning mp3
  • Menjelang sore ia mendengarkan musik dari bahasa Perancis selama 45-60 menit.
  • Sore harinya ia membaca cerita anak-anak " Charlie and the Chocolate Factory”dalam bahasa Perancis.
  • Selain itu, ia juga menulis esai selama sejam dan teman nya membantu mengoreksinya. Ia menulis jawaban dari pertanyaan umum yang sering ditanyakan misalnya, “Where are you from?”, “What do you do?”, “Do you like France?”. Harapannya bisa melatih kepercayaan diri.
Artikel ini cukup menginspirasi bagaimana pengalaman bisa menguasai bahasa asing dalam kurun waktu singkat itu ternyata bisa aja kok bahkan untuk seorang dewasa sekalipun.

Screw Finding Your Passion

artikel mingguan, artikel pengembangan diri, artikel pilihan, artikel inspirasi,
Sumber : http://brand2d.com/


Kebanyakan dari kita sering mengatakan bahwa kita sampai saat ini belum menemukan atau mengetahui apa sih passion hidup kita terutama berkaitan dengan kerjaan.
Artikel ini menitik beratkan pada poin penting yaitu bahwa sebenarnya kita sendiri yang mengabaikannya.
The problem isn’t passion. It’s never passion.
It’s priorities.
Ya kegiatan kita sekarang lebih menitik beratkan pada penghasilan sehingga kita bekerja untuk uang bahkan bekerja untuk sesuatu yang tidak kita sukai.
The problem is not a lack of passion for something. The problem is productivity. The problem is perception. The problem is acceptance.
Dulu kita tidak pernah bertanya apa sih gunanya membeli dan membaca komik?
Apakah kita akan mendapat uang kalau mengoleksi robot Gundam?
Padahal ini semua adalah passion kita dimasa lalu. Salah satu sumber kebahagiaan kita.
Passion berarti melakukan sesuatu yang kita sukai dan menemukan kebahagiaan ketika melakukannya.
Tidak pernahkan kita mengatakan bagaimana ya saya bahagia kalau bermain robot atau boneka? Bahagia ya bahagia saja. Bahagia dengan apa yang kita lakukan.
Dan inilah kalimat penutup yang jadi bahan refleksi kita bersama, ketika kita sudah nyaman dengan hobi atau hal favorit kita namun kita melakukan hal lain apakah kita masih mengatakan belum menemukan passion?
If you have to look for what you enjoy in life, then you’re not going to enjoy anything. And the real truth is that you already enjoy something. You already enjoy many things. You’re just choosing to ignore them.


Write Like You Talk

Banyak sekali sebenarnya teknik menulis yang bisa terapkan untuk membuat sebuah tulisan.
Saya tertarik dengan sebuah artikel yang membahas bagaimana cara menulis seperti kita berbicara. Berikut pendekatan yang dilakukan oleh author artikel ini
  • Setelah menulis draft pertama, ia akan menjelaskan apa yang baru saja ia tulis kepada temannya lalu menulis kembali draft tersebut dengan apa yang ia katakan pada temannya tersebut.
  • Ia juga membaca tulisannya dengan suara yang keras dan mengganti atau memperbaiki kalimat yang tidak terdengar seperti sebuah percakapan.
Ada sebuah kalimat menarik di awal tulisan ini yang cukup menginspirasi yaitu, "You don't need complex sentences to express complex ideas"
Kadang memang tak jarang kita pada akhirnya kesulitan menangkap maksud dari tulisan.
Saya pikir artikel ini membantu untuk bisa mengembangkan kemampuan menulis.

This 10-Minute Routine Will Increase Your Clarity And Creativity

artikel mingguan, artikel pengembangan diri, artikel pilihan, artikel inspirasi,
sumber : http://cdn.tinybuddha.com/


Artikel ini membagi dua aktivitas ini berdasarkan waktunya yaitu sebelum tidur dan bangun tidur.
10 menit aktivitas sebelum tidur
Pada artikel ini, sebelum tidur kita diajak untuk bermeditasi (berdoa dulu) dan menulis hal-hal yang ingin kita capai.
Lalu buat pertanyaan-pertanyaan sedetail mungkin yang berhubungan dengan hal tadi sehingga kita bisa menjawabnya dengan jelas.
10 menit aktivitas setelah bangun tidur
Dalam sebuah wawancara Tim Ferris dan Waitzkin seorang master catur dan juara dunia Tai Chi mengatakan bahwa ia akan menyepi untuk bermeditasi dan menulis jurnal.
*This is how he taps into his higher realms of clarity, learning, and creativity — what he calls, “crystallized intelligence.”
Pengalaman saya beberapa minggu ini, saya berusaha menulis artikel tentang apa saja yang menarik untuk di-sharing kan lewat blog ini.
Selain itu saya juga membaca beberapa artikel untuk membantu mendapatkan ide baru dan inspirasi di pagi hari.

Spend the First Hour of the Day on Activities That Add Value to Your Life

As AJ Leon dalam The Life and Times of a Remarkable Misfit, “How you start will dictate how you finish.”
Atau saya senang merumuskan dengan kalimat sendiri, langkah pertama menentukan hasil akhir.
Ya bagaimana kita memulai hari itu sangat penting bahkan bisa memberikan efek seharian. Okeh karena itu, kita harus pintar-pintar memilih kegiatan apa yang sekiranya mampu memberi efek positif pada kehidupan kita.

17 Things Extraordinary People Do Every Day


Beberapa poin yang menarik dan menginspirasi buat saya dan perlu diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari adalah

1. Examine long-terms goals.
Orang-orang ini bukan hanya merencanakan untuk hari ini, minggu ini atau bulan ini namun juga meluangkan waktu setiap hari untuk berpikir 10 bahkan 20 tahun ke depan.
Mau jadi apa kita dalam beberapa tahun ke depan sehingga kita bisa menyiapkan strategi untuk meraihnya.
2. Examine daily plans.
Salah satu caranya adalah dengan membuat to-do list tentang apa yang akan di capai hari ini.
Saya cukup membuat 3 List saja per hari.
3. Ask for help.
Bertanya tidak selalu mengindikasikan seseorang itu bodoh namun bisa jadi ini adalah bentuk tanda respek kita dalam berkomunikasi. Bahkan saya menggunakannya sebagai pengujian hipotesis atau dugaan terhadap suatu masalah sekaligus untuk memancing adanya diskusi dengan lawan bicara.
4. Give yourself a break
Extraordinary people menyadari bahwa mereka juga manusia yang perlu istirahat dan kesuksesan tidak bisa dapat diraih dalam semalam. Jadi jangan sampai kita lupa bahwa kita perlu istirahat sejenak untuk mengumpulkan energi kembali.
5. Write down what happened
Life is a journey, so keep a journal.
Mungkin banyak orang meremehkan manfaatnya menulis cacatan harian atau jurnal. Parahnya lagi aktivitas ini dianggap kekanak-kaanakan atau hanya diidentikkan dengan anak perempuan yang menulis diari.
Padahal banyak orang sukses di luar sana yang memiliki jurnal harian. Namun jurnal tersebut bukan berisi curhat tentang pasangan, namun lebih pada rencana-rencana untuk meraih kesuksesan.
6. Build your confidence.
Kepercayaan diri sangat penting terlebih untuk berkomunikasi dengan orang lain termasuk untuk menyampaikan ide.
7. Give thanks and compliments
Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih bahkan untuk hal yang paling kecil sekalipun. Selain itu, kita juga harus mengapresiasi orang lain dengan memberikan pujian atau sanjungan untuk usahanya.
8. Focus on others
Ada pepatah mengatakan "Manusia mati meninggalkan nama." Orang-orang yang akan selalu dikenang adalah orang yang meninggalkan perbuatan baiknya bagi orang lain. Jadi tidak melulu fokus pada diri sendiri.
9. Get some physical exercise
Di tengah kesibukan, harusnya kita tetap menyempatkan diri untuk berolahraga.
artikel mingguan, artikel pengembangan diri, artikel pilihan, artikel inspirasi, olahraga ringan
sumber : http://www.whole-health-fitness.com/

10. Sleep
Kita tidak bisa mengganti jam tidur kita. Tidur 7 sampai 8 jam setiap malam tidak sama dengan tidur dengan durasi sama pada siang hari. Tidur dapat mempengaruhi produktivitas dan membunuh sel otak.
11. Continue your education
Tamat dari bangku kuliah bukan berarti menggambarkan kita juga menamatkan aktivitas belajar kita. Membaca banyak buku atau artikel tidak hanya akan menambah ilmu dan pengetahuan tapi juga menambah inspirasi untuk meningkatkan level kehidupan kita.
11. Share something great
Extraordinary people always have something to share, and something truly interesting to talk about--a joke, a story, a bit of good news. Selalu belajar berbagi hal baik bagi kehidupan.
Poin-poin lain silahkan baca pada artikelnya.

25 Simple Things to Give Up If You Want to Succeed

Orang sukses bukan berarti orang yang selalu mendapatkan apa semua hal namun juga merelakan hal yang tidak memberi dampak bagi kesuksesannya.
Beberapa poin yang menarik dan inspiratif pada artikel ini yang juga seharusnya kita tinggalkan untuk bisa menjadi sukses antara lain :
1. Trying to be perfect
Sikap perfeksionis akan menghalangi kita untuk selalu mengatakan kita tidak cukup baik untuk melakukan sesuatu.
2. Playing small
Perluas cakrawalamu, mungkin prosesnya akan menyakitkan tapi memberi pelajaran yang berharga.
3. Waiting for luck
Kita tidak tahu kapan akan beruntung? Daripada menunggu keberuntungan lebih baik melakukan persiapan dan perencanaan yang matang.
artikel mingguan, artikel pengembangan diri, artikel pilihan, artikel inspirasi,
sumber : http://proverbsy.com/
Menunggu keberuntungan itu sama saja dengan menunggu kematian !

4. Waiting for anything
Kalau kita menunggu waktu yang tepat, tempat yang pas atau bertanggung orang yang benar untuk sukses sampai kapan kita akan memulai.
5. Needing approval
Jangan biarkan pendapat orang lain yang mengendalikan kita dan berhenti untuk menghabiskan waktu memikirkan komentar orang lain.
6. Trying to do it alone
Ingat pepatah, berat sama dipikul ringan sama dijinjing
7. Making empty promises
Dijamin tidak ada orang yang suka senang janji kosong.
8. Blaming others
Apakah menyalahkan orang lain akan menyelesaikan masalah?
9. Living in the past
Mulailah untuk melihat ke depan daripada meratapi atau mengagumi masa lalu karena masa depan dimulai dari sekarang.
10. Small goals
Mimpi yang besar akan menghasilkan sesuatu yang besar, sebaliknya mimpi yang kecil juga akan menghasilkan sesuatu yang kecil.
11. Saying “I can’t”
Ini adalah ungkapan negatif yang akan membunuh otak kita sendiri sehingga kita jadi malas berusaha.

The Psychological Benefits of Writing Regularly

Artikel ini mengupas manfaat menulis secara reguler. Berikut beberapa poin yang menarik untuk diketahui :
Sebagai Aspek Terapi
Menurut riset yang dilakukan oleh Laura King menunjukkan bahwa menulis tentang mimpi dan pencapaian di masa depan dapat membuat orang lebih bahagia dan lebih sehat...
Membantu melewati masa-masa sulit
Mengacu pada sebuah studi lama menulis tentang trauma dapat membuat orang menjadi lebih depresi sampai enam bulan kemudian.
Oleh karena itu, kita harus berhati-hati juga dalam menulis sesuatu karena akan bisa berdampak lama.
Menuliskan rasa syukur
Berdasarkan studi, partisipan yang menulis tentang refleksi hal-hal baik yang mereka alami selama seminggu dapat menjadi lebih termotivasi dan lebih berpikiran positif tentang keadaan saat ini dan masa depan mereka.
artikel mingguan, artikel pengembangan diri, artikel pilihan, artikel inspirasi, bersyukur, gratitude
Sumber : https://thegirlsguidetoreading.files.wordpress.com/

Menulis membantu kita untuk mengelola “Mental Tabs”
Sederhananya untuk melatih kita berlatih lebih berkonsentrasi dan meminimalisir distraksi karena pada dasarnya otak kita untuk fokus pada sesuatu.
Mental tabs ini sebenarnya mengacu pada pikiran kita yang menyerupai tab-tab yang terbuka pada brower ketika kita menjelajah internet.
Sebagai sarana untuk belajar
Dari pertama kita belajar di bangku sekolah kita sudah dihadapkan pada kenyataan bahwa kalau belajar ya harus menulis.
Dan terbukti bahwa informasi yang kita dapat akan lebih mudah diingat apabila kita tulis di buku catatan.
Seperti menulis artikel ini pun saya sebenarnya sedang belajar, tidak hanya belajar menulis tapi juga membagikan informasi yang saya dapat sekaligus menghubungkannya dengan pengalaman dan pemahaman baru.

25 Best Habits to Have in Life

Kita selalu punya kebiasaan entah itu di sadari sensasi kebiasaan baik atau buruk.
Artikel ini sangat menarik karena membahas 25 kebiasaan yang baik yang sebenarnya bisa kita praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. 
1. Bangun lebih awal
Suasana yang tenang di pagi hari dapat memberikan inspirasi untuk berefleksi, bermeditasi, meningkatkan produktivitas dengan menulis atau mempelajari sesuatu yang baru. Kebiasaan ini bisa dilatih dengan mengatur alarm 15 menit lebih awal dari alarm di hari sebelumnya. Ubah tiap minggu sampai akhirnya kita bisa bangun 2 jam lebih awal dari kebiasaan bangun kita yang sekarang.
2. Gratitude
Bersyukur adalah salah Jen Irawan yang harus kita bangun. Salah satunya tidak lupa berdoa di pagi hari dan sebelum tidur sebagai ungkapan terima kasih kepada sang pencipta. Bahkan berlatih untuk bersyukur pada situasi atau masalah yang sulit.
3. Smile
Sebuah studi mengatakan bahwa orang yang tersenyum adalah memiliki kehidupan yang lebih bahagia. Dimana emosional mental dan spiritual akan terlihat jelas dalam sebuah senyuman mereka.
4. Eat a healthy breakfast
Sayangnya kebiasaan ini yang terlewatkan dari hidup saya. Padahal sarapan adalah makanan yang penting untuk kebutuhan hari itu.
5. Exercise
Tidak perlu pergi ke gym untuk berolahraga cukup pushup 20 atau 30 kali di pagi hari sudah cukup untuk membuat tubuh tetap bugar.
Namun lebih baik lagi kalau kita punya waktu untuk berolahraga di akhir pekan.
Karena tidak hanya baik untuk fisik tapi juga untuk mental dan emosional.
6. Drink water with lemon
Belum pernah sih mencoba kebiasaan yang satu ini. Tapi lemon merupakan sumber dari vitamin C yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.
7. Walk 10,000 steps
Olahraga paling mudah dan murah yang bisa dipraktekkan setiap hari.
8. Vitamins and minerals
Selalu makan makanan yang mengandung vitamin dan mineral dan mengurangi jenis makanan cepat saji dan instan.
9. Effective time management
Kita harus bijak dalam memanfaatkan waktu. Semakin kita bisa mengelola waktu dengan baik semakin dekat kita pada kesuksesan yang ingin kita capai.
10. Daily goal setting
Ini agar tidak bingung dengan apa yang ingin kita lakukan hari ini. Tujuan jangka panjang pun harus mencakup tujuan jangka pendek yang bisa kita usaha capai setiap hari agar kita juga bisa melihat dan mengukur progres yang telah kita buat.
11. Inspire yourself
Tidak bisa dipungkiri bahwa kita kadang kehilangan inspirasi dan semangat hidup. Oleh karena itu untuk penting menginspirasi diri sendiri. Membaca atau menyontoh video inspirasi adalah salah satu caranya.
artikel mingguan, artikel pengembangan diri, artikel pilihan, artikel inspirasi, inspirasi
Sumber : http://www.ladunliadinews.com/

12. Save and invest
Sekarang menabung saja tidak cukup kita juga harus belajar untuk berinvestasi untuk masa depan.
13. Budget and track expenses
Ini masih berhubungan senang poin nomor 12. Don't ignore the future for sake of revelling in the present moment.
14. Learn something new
Ajari dirimu sendiri, dan belajar setiap hari. Entah itu dari media cetak atau artikel Internet usahakan untuk selalu membuka diri untuk mempelajari sesuatu yang baru.
15. Organize
Kehidupan yang kacau seringkali berdampak pada hilangnya fokus pada tujuan kita. Mulailah dengan mengatur rumah atau kantor kita

16. Contribute to others
Kita juga harus membiasakan untuk berkontribusi untuk orang lain. Faktanya banyak orang sukses karena berkontribusi untuk orang lain, misalnya Bill Gates, berkontribusi bagi dunia lewat produk Microsoft nya, Stave Jobs dengan produk Apple nya, dan masih banyak contoh lain bagaimana kontribusi untuk orang lain bisa menghantarkan kita pada kesuksesan.
17. Network
Belajar membangun jaringan untuk menunjang kehidupan kita terlebih membangun komunikasi dengan orang lain.
18. Break through fears
Setiap orang punya rasa takut tapi kita harus membiasakan diri untuk mengatasi ketakutan-ketakutan tersebut.
19. Take action
Ide tidak akan bisa berhasil kalau tidak dibarengi dengan pelaksanaan. Terlebih jika selama ini kita punya kebiasaan menunda-nunda sesuatu. Kita harus mulai mengambil tindakan untuk menjalankannya. Termasuk menghilangkan kebiasaan jam karet.
20. Follow a plan
Ya selalu mengikuti rencana yang sudah dibuat di awal. Oleh karena itu dari awal kita harus sudah merencanakan dan memikirkannya dengan matang termasuk menyiapkan rencana cadangan.
21. Enjoy "me" time
Jangan lupa untuk meluangkan waktu untuk diri sendiri.
Ini tidak hanya berhubungan dengan mimpi-mimpi atau rencana ke depan tapi juga dapat dilakukan dengan cara mendengarkan lagu-lagu favorit.
22. Implement positive thinking
Kita perlu mengimplementasikan pikiran positif ke dalam aktivitas kita. Biasanya pikiran positif secara tidak langsung akan mempengaruhi perilaku positif itu. Belajarlah untuk membentuk kebiasaan berpikir positif mulai dari sekarang.
23. Read
Apapun bacaan kita, membaca adalah kebiasaan yang baik. Membaca dapat merubah sudut pandang kita terhadap dunia.
24. Get ample rest
Sekeras apapun usaha kita harus diimbanginya dengan istirahat yang cukup.
25. Journal your thoughts
Menulis jurnal seperti yang sudah dijelaskan di atas dapat memberikan dampak yang baik bagi kita.

Itu tadi beberapa artikel yang ternyata cukup panjang dan menguras waktu untuk membuatnya.
Semoga artikel terbaik pilihan saya minggu ini dapat menginspirasi pembaca semua.

Sampai bertemu pada artikel saya yang lain.
Selamat berakhir pekan.

Artikel Terkait

Artikel Pilihan Penuh Inspirasi dan Ruar Biasa Minggu ini
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email