Kamis, 08 Desember 2016

Belajar Teknik Membaca Cepat serta Mengetahui Manfaatnya

Belajar Teknik Membaca Cepat serta Mengetahui Manfaatnya


Berapa banyak buku yang sudah kalian baca tahun ini?
Atau
Berapa banyak artikel yang bisa kalian baca setiap hari?
Sudah jadi rahasia umum kalau membaca adalah bagian dari kehidupan para genius dan kunci bagi orang sukses.
Rata-rata para CEO membaca 4 sampai 5 buku setiap bulan.
Bill Gates tahun ini saja sudah membaca 52 buku, sementara kita?
Hmmm...
Di tengah gempuran informasi yang tiada henti, jika kecepatan membaca kita kurang maka kita semakin ketinggalan berita.
Sebagai contohnya, jika kita mengikuti beberapa akun berita di Twitter, kita akan melihat betapa cepatnya sebuah berita tampil lalu terlewatkan diganti dengan berita dan informasi yang lain dalam hitungan menit.
Bahkan ada survey yang mengatakan kira-kira ada 2 juta postingan blog dengan tema yang berbeda setiap harinya.
Wow...amazing
Kita sama sekali tidak bisa mengontrol informasi tersebut, yang bisa kita lakukan adalah berusaha untuk menangkapnya lebih cepat juga.
Salah satu caranya adalah dengan teknik membaca cepat.
Dimana diharapkan kita bisa lebih cepat dalam membaca serta mengolah informasi.
Faktanya kebanyakan orang hanya memiliki kecepatan membaca antara 250 sampai 300 kata per menit.
Padahal sebagai perbandingan artikel-artikel dari blog luar biasanya di atas 2000 kata yang berarti kita menghabiskan waktu 5 sampai 10 menit. Itupun kalau memang sudah lancar membacanya.
Namun cepat bukan berarti mengabaikan informasi yang ada atau menghilangkannya, justru membaca cepat ini bisa mendapatkan pengetahuan lebih banyak karena pada akhirnya kita bisa mempersingkat waktu dan menambah banyak sumber bacaan.

sumber : http://7speedreadingreview.com/

Oleh karena itu, saya tertarik untuk mempelajari sekaligus sharing tentang teknik membaca cepat ini.


Alasan belajar teknik membaca cepat

Setidaknya ada beberapa alasan mengapa perlu mempelajari teknik speed reading ini seperti dikutip dari sebuah artikel berjudul 5 Reasons Why Speed Reading is Good for You
  • Meningkatkan memori atau daya ingat karena otak mendapat tantangan untuk bekerja dengan level yang lebih tinggi
  • Menjadi lebih fokus karena membaca cepat butuh konsentrasi agar bisa memahami isi dari bacaan
  • Meningkatkan rasa percaya diri karena membaca berarti membuka wawasan tentang hal-hal baru yang mungkin tidak banyak orang yang tahu sehingga bisa jadi lingkungan menganggap kita lebih berwawasan.
  • Meningkatkan logika karena dengan membaca cepat kita harus menghubungkan pengalaman sebelumnya untuk merespon pengetahuan yang baru saja kita dapatkan dalam waktu yang singkat
  • Mengurangi stress karena kita fokus menyerap informasi yang sedang kita baca.
  • Saya pribadi, belajar teknik membaca cepat ini agar bisa mendapatkan lebih banyak informasi dalam menulis. Sebagai contoh, untuk menulis artikel ini saya membaca 4 artikel bahasa Indonesia dan 5 artikel berbahasa Inggris.


Kendala membaca cepat

Sebenarnya setiap orang bisa menggunakan teknik ini, namun terkadang kita harus terbentur beberapa hambatan diantaranya :
  • Mengeja kata demi kata (bagi yang kemampuan membacanya masih rendah)
    • Membaca kata demi kata
    • Membaca dengan bersuara atau komat kamit seperti Mbah dukun
    • Membaca dalam hati (Ini adalah kendala terbesar yang saya alami sekarang, karena ini sama saja dengan membaca kata demi kata dan memperlambat waktu membaca)
    • Menggerakkan mata dan kepala
    • Membaca ulang kalimat sebelumnya
    • Kurang konsentrasi, karena membaca dibarengi dengan aktivitas lain seperti mengecek smartphone atau menonton televisi.



Macam-macam teknik membaca cepat

Berikut berbagai teknik untuk menambah kecepatan kita dalam membaca.
  • Mengenal kata dan kelompok kata untuk memperluas jangkauan mata ketika membaca. Harapannya dengan nanti kita cukup mengenali kata atau kelompok kata hanya dari huruf awalnya.
Misalnya contoh tulisan yang diambil dari blog mas Mohammad Noer ini,
Kmaemuapn mbecmaa cpeat trkeiat eart dngean kmaemuapn mngelnaei ktaa. Mnuasia mngenelai breabgai ktaa lweat bkuu dan tlisaun ynag dbiacaayn. Ktaa-ktaa tbuesret dsimiapn dlaam mmorei oatk dan aakn dinalkei lbeih cpeat ktikea dtemuikan kmblaei pdaa baahn baacan ynag brau.
Libeh habet lgai tnyatera uturan ktaa tdiak tlaleru ptineng aslaakn psoisi hruuf preatma dan trekahir tdiak bruebah. Adna hnaya ckuup mngelnaei hruuf preatma dan trekahir tdai kmeduian dnegan kmemapaun laur baisa aakn mngeanilnya sbegaai sbeauh ktaa spereti ynag Adna bcaa skeranag. Ini mneuurt rsiet ynag prenah dlikaukan Uinvertisas Cmabrigde, Ingrigs.
Saya yakin banyak teman-teman yang membaca contoh tulisan di atas bisa membacanya walaupun kata dan huruf-hurufnya tidak beraturan.
Tapi jika ada yang masih belum lancar membacanya silahkan baca terus yang benar di bawah ini
Kemampuan membaca cepat terkait erat dengan kemampuan mengenali kata. Manusia mengenali berbagai kata lewat buku dan tulisan yang dibacanya. Kata-kata tersebut disimpan dalam memori otak dan akan dikenali lebih cepat ketika ditemukan kembali pada bahan bacaan yang baru.
Lebih hebat lagi ternyata urutan kata tidak terlalu penting asalkan posisi huruf pertama dan terakhir tidak berubah. Anda hanya cukup mengenali huruf pertama dan terakhir tadi kemudian dengan kemampuan luar biasa akan mengenalinya sebagai sebuah kata seperti yang Anda baca sekarang. Ini menurut riset yang pernah dilakukan Universitas Cambridge, Inggris.
Nah semakin kita bisa mengenali kata, semakin mudah kita memahaminya tanpa membaca secara keseluruhan.
  • Mulai dari bacaan yang ringan terlebih dahulu. Jangan paksakan membaca buku yang bertema berat seperti jurnal atau sastra klasik.
  • Konsentrasi, bila perlu smartphone menggunakan mode pesawat agar tidak terganggu oleh suara notifikasi.
  • Gunakan pulpen atau pointer untuk membantu kita membaca.
  • Usahakan untuk tidak membaca dalam hati. Ini akan butuh waktu yang lama untuk melatihnya.
  • Berlatih, berlatih dan berlatih seperti ada pernyataan yang mengatakan "Practice makes perfect"
  • Teknik scanning, dimana teknik membaca dengan cara meloncat-loncat untuk mencari kata kunci dari sebuah bacaan sehingga kita tidak perlu membaca secara keseluruhan. Misalnya ringkasan bab sebelumnya, sumber buku lain, contoh ilustrasi, dan sumber-sumber yang tidak informatif dan relevan dengan tujuan membaca kita.
  • Teknik skimming. Teknik ini adalah teknik membaca sekilas (secara garis besar) dari sebuah buku misalnya membaca daftar isi, kata pengantar, pendahuluan, judul sub bab dan kesimpulan.
  • Teknik SQ3R Teknik ini terbagi jadi 5, yaitu :
  • Survey di sini kita berusaha untuk menangkap arti, memahami abstrak, menemukan ide-ide penting, melihat susunan bacaan, melihat minat dan perhatian sehingga lebih biasa banyak mengingat dan akhirnya memahami lebih mudah.
  • Question kembali ke tujuan utama kita, apa yang ingin kita ketahui dari bacaan itu. Pertanyaan ini akan membantu kita untuk mengeliminasi informasi yang tidak penting.
  • Read lewati hal yang tidak menarik
  • Recall memahami isi dan mengingatnya untuk digunakan suatu saat nanti.
  • Review cara paling mudah adalah membagikan informasi tersebut kepada orang lain, salah satunya bisa dengan menulisnya di blog atau mendiskusikannya dengan teman.
  • Cintai apa yang kamu baca, jangan memaksakan diri untuk membaca yang tidak kita suka. Kalau senang baca novel ya baca novel bahkan senang baca komik ya lakukan. Namun sebaliknya jika tidak, sebaiknya tinggalkan bacaan tersebut karena tidak semua informasi berguna bagi kita.
Selain teknik di atas kita juga bisa menggunakan website seperti Spritz untuk membantu kita belajar. Di sini kita bisa mengatur kecepatan kata yang akan muncul.
Alternatif lain adalah kita bisa menggunakan audiobook dan mengatur kecepatan audionya ketika diputar. Ini juga sangat berguna sekali untuk melatih listening skill.


Agar cara-cara di atas bisa berhasil maka kita harus konsisten dalam berlatih. Oleh karena itu kita harus membuat jadwal harian untuk bisa terus menerus dilatih. Sekedar info bahwa rekor kecepatan membaca yang pernah dipecahkan adalah 25.000 kata per menit.
Saya sendiri juga sedang terus mempelajari teknik membaca cepat ini sebagai bagian dari daftar skill yang harus dikuasai dan ditingkatkan.
Harapannya ke depan saya bisa membaca lebih banyak buku dan sumber bacaan yang menunjang kehidupan.
Saya juga coba mensharingkan artikel-artikel terbaik pilihan setiap minggunya, sebagai bagian dari belajar.
Semoga artikel ini dapat terus menginspirasi bagi pembaca semua.

Artikel Terkait

Belajar Teknik Membaca Cepat serta Mengetahui Manfaatnya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email