Rabu, 07 Desember 2016

Webtoon, Aplikasi Komik untuk Belajar Bahasa Inggris

Webtoon, Aplikasi Komik untuk Belajar Bahasa Inggris



Siapa yang tidak tahu webtoon?

Kalau yang suka baca komik pasti tahu aplikasi ini.

Yup, LINE Webtoon merupakan aplikasi untuk membaca komik online dan offline yang bisa di unduh gratis di Playstore maupun Apple Store.

Webtoon ini juga merupakan anak cabang dari perusahan Naver yang juga pemilik aplikasi chatting LINE.


webtoon, belajar bahasa inggris, komik bahasa Inggris, belajar bahasa Inggris dari komik
Sumber : Webtoon


Yang membedakan komik-komik webtoon dengan manga atau komik amrik adalah mode membacanya yang kebanyakan di scroll ke bawah dan berwarna walaupun ada beberapa yang tetap hitam putih.

Bahkan untuk webtoon resmi, ada fitur gif dan efek suaranya.

Ada beberapa komik favorit saya di webtoon Indonesia misalnya Tahi Lalat, Nusantara Droid War atau BFD dan banyak komik di daftar webtoon challenge.

Bahkan terakhir kemarin yang ikut kontes webtoon dengan genre Slice of Life saja ada belasan ribu jumlahnya.

Jadi wajar jika ada beragam cerita dan banyak pembacanya dan itu baru dari Indonesia saja.

Komik-komik di webtoon di kategorikan ke dalam genre-genre dan memiliki jadwal tayang sendiri (khusus yang resmi) dan bisa di download dengan durasi 30 hari.

Selain itu ada juga webtoon challenge dimana kita bisa mengupload komik karya kita sendiri. Komik ini juga memiliki banyak genrenya seperti halnya komik resmi. Namun komik ini tidak bisa di download seperti halnya komik-komik official.

Kita juga bisa mengupload komik sendiri di webtoon dengan terlebih dahulu mendaftar dengan akun LINE menggunakan komputer atau laptop. (tidak bisa upload filenya menggunakan hp)

Saya juga pernah upload dengan judul Dongengan baru 11 episode sekarang karena masih sibuk dengan menulis blog jadi belum bisa dilanjutkan.

Btw, kapan ya melanjutkan komik strip saya?



Beralih ke Webtoon Berbahasa Inggris


Namun, sejak seminggu ini saya mengganti pengaturan bahasa di webtoon menjadi bahasa Inggris sehingga yang muncul adalah daftar-daftar komik yang berbahasa Inggris.

Ini saya lakukan untuk menambah lebih banyak referensi komik sekaligus belajar bahasa Inggris tanpa belajar.

Komik bahasa Inggris ini lebih variatif tidak hanya dari segi genre tapi juga gambar dan bahasa yang digunakan.

Tak jarang isu-isu global bahkan beberapa humor yang mungkin tidak akan pernah ditemui di komik-komik Indonesia karena bebas mengkritik sana sini.
Selain itu, beberapa komik Korea terjemahan juga sudah ada yang episodenya lebih banyak yang daripada yang berbahasa Indonesia.

Misalnya saja komik New Normal: Class 8 yang versi bahasa Inggrisnya sudah beberapa episode lebih banyak dari yang versi bahasa Indonesia.

webtoon, belajar bahasa inggris, komik bahasa Inggris, belajar bahasa Inggris dari komik, new normal class 8
Sumber : Webtoon



Seperti yang sudah sering saya katakan di blog ini bahwa membaca komik adalah hal yang menyenangkan sekaligus dapat meningkatkan kemampuan berbahasa kita sehingga saya juga di waktu senggang ketika berada di kantor menyempatkan diri untuk membaca judul komik yang saya suka.


Mengapa memilih webtoon?


Alasannya karena kebanyakan gambarnya sudah di warnai sehingga asyik untuk di baca dan yang lebih penting adalah bahasanya mudah untuk dicerna karena tak jarang menggunakan kalimat atau frasa yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Berbeda dengan artikel yang biasa saya baca di aplikasi Pocket yang cenderung informatif, di webtoon lebih bersifat komunikatif dan adiktif.

Selain itu, humor komik luar ini kebanyakan menyinggung pemerintah, kehidupan sosial dan konteks masalahnya lebih luas berbeda dengan komik-komik Indonesia yang lebih mengekspos masalah remaja.


Ide webtoon untuk media pembelajaran di sekolah


Menurut teman saya yang ikut seminar LINE Webtoon di Jakarta kemarin, pengguna Webtoon di Indonesia sudah ada 3 juta orang dan kemungkinan akan terus bertambah.

Kebanyakan penggunanya adalah usia sekolah dan remaja.

Ini berarti kita bisa menggunakan media ini sebagai salah satu media pembelajaran.

Misalnya guru bisa sekali-kali menugaskan peserta didiknya untuk menerjemahkan satu episode komik webtoon, mereka disuruh pilih cerita favoritnya lalu di translate ke bahasa Indonesia.

Kan jadi dapat dua manfaat, dapat menikmati ceritanya sekaligus dapat belajar bahasa Inggris.

Tidak usah khawatir dengan cerita yang tidak disukai oleh mereka sebab anak cewek bisa membaca komik romance atau horor, sedangkan yang cowok bisa memilih komik fantasy atau action.

Sebenarnya genre komiknya sendiri ada banyak sih, yaitu Drama, Fantasy, Comedy, Action, Slice of Life,Romance, Superhero, Heartwarming, Thriller, Sport, Sci-Fi dan Horror.

Anak-anak bisa belajar membuat cerita dan membuat komik sendiri untuk di upload dan mendapat respon dari para pembaca.

Respon ini juga sebagai sarana melatih mental, untuk siap menghadapi komentar pedas dan mendapat rating yang buruk.

Oh ya, tiap bulan ada pemilihan the rising star yang terpilih akan mendapatkan sejumlah uang.

Ini semua dapat menjadi bagian dari melatih dan mendorong kreativitas siswa, bahkan bagi guru yang pintar menggambar juga bisa ikutan karena tidak ada batasan usia.

Peluang untuk menambah tambahan uang saku.

Ini wajar jika komik kita bisa masuk dan dikontrak menjadi webtoon resmi kita bakal mendapatkan gaji bulanan.

Asyik kan !

Dan yang terpenting menurut saya ini adalah salah satu revolusi belajar yang efektif ketimbang hanya tergantung pada buku pelajaran.

Nah, ini PR guru-guru melihat peluang yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan strateginya dalam belajar bahasa asing.



Manfaat membaca Komik di Webtoon



Kalau dilihat sekilas membaca komik itu tampak hanya menghabiskan waktu saja dengan membaca sesuatu yang kurang memberikan informasi atau pengembangan diri.

Namun saya melihat ini adalah media yang menyenangkan untuk bisa mengurangi stres sekaligus membentuk kebiasaan membaca.

Sebenarnya komik sendiri banyak memberikan pelajaran buat kita entah itu berupa makna tersurat maupun tersirat karena memang komik sendiri merupakan sarana untuk mengkomunikasikan ide sang komikus dalam bentuk karya bergambar.

Saya merasakan sendiri bagaimana asyiknya membaca komik ini dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris saya terlebih untuk menambah vocabulary dan idiom baru dan webtoon ini menjadi salah satu jawabannya.


Bagaimana dengan kalian, punya komik favorit di webtoon?

Punya kisah unik atau mendapatkan manfaat lain dengan membaca komik di webtoon?
Yuk cerita di kolom komentar di bawah !


Artikel Terkait

Webtoon, Aplikasi Komik untuk Belajar Bahasa Inggris
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email