Senin, 26 Maret 2018

Mengapa kita harus belajar bahasa Inggris?

Mengapa kita harus belajar bahasa Inggris?


Halo sahabat bahasa Inggrisku dimana pun Anda berada, memiliki alasan yang kuat dalam mempelajari sesuatu adalah kunci dari keberhasilan kita.

diary belajar bahasa Inggris, belajar bahasa inggris, tips belajar bahasa Inggris,
via www.pixabay.com


Salah satu pertanyaan yang harus sering-sering kita tanyakan pada diri kita sendiri adalah mengapa sih kita harus belajar bahasa Inggris?

Mengapa pertanyaan ini penting, karena bisa saja kita kehilangan motivasi untuk belajar atau meneruskan apa yang telah kita impikan.

Saya sering mendengar pernyataan seperti, 'Ngapain kita harus belajar bahasa Inggris, bahasa lokal aja udah cukup' atau 'Kita kan gak pergi ke luar negeri' atau 'gak penting dech belajar bahasa Inggris' dan masih banyak lagi statement lain yang senada.

Dengan alasan itulah saya ingin membahas kenapa saya dan Anda belajar bahasa Inggris.

Pada kesempatan di hari Minggu yang cerah saya mencoba melemparkan pertanyaan ini kepada teman-teman di grup BBIS FB yang merupakan salah satu grup FB yang memiliki banyak anggota dan aktif berdiskusi.

Dari pertanyaan saya tersebut, lahirlah beberapa jawaban sebagai berikut:

"Why we should learning English?"


Lalu, 'Apa kata mereka ?'

For add our Knowledge ~ Lensi Utami

To get more experiences ~ Hery Karman

Learn English just for fun. ~ Dens Adek Pmtk

Learning English to knowing how we communicated with people from the other country. English is a tool for American people to share what they have and share what we have to. So, English is only for communication. ~ Gunang Simatupang PeSu

So you can be one of the cool kids. ~ Dzaky

For life be better. ~Dinda Ayuni

If I will speak English with American or British people or people who can't speak Bahasa Indonesia. ~ Muhamad Rizki Akbar Maulana

To reading a lot of the books that's not yet translated to Bahasa Indonesia. ~Elsharz Ashtide

So we can communicate in English ~ Dill Fadill TheGress

English is very important for communication with everyone, cause we almost know all the people using English ~Sebastian Chaniago

I just wanna know that language ~Kareen Spinoza

To understand storyline of video game. ~Eldy Khotibul

It wasn't my interest before. But when when I was in elementary school, my English teacher is pretty and very kind. I don't care, I just get excited every time she teach English then I just... get used to it (English), I don't feel like I'm learning, somehow I just understand, its easy for me to catch every lesson from her. I'm grateful for that. ~ Theo Gunz


Itu tadi sharing dari teman-teman di FB, 

nah berikut ini adalah beberapa alasan yang menuntut kita HARUS belajar bahasa Inggris.


Faktor Pendidikan


Pelajaran bahasa Inggris merupakan salah satu pelajaran yang masuk dalam daftar ujian nasional.

Ini berarti pelajaran ini sangat penting seperti halnya belajar Matematika dan Bahasa Indonesia.

Lomba-lomba yang diadakan di level internasional pun menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya.

Sehingga saat ini banyak referensi belajar termasuk buku-buku pelajaran yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya.

Selain itu, kebanyakan jurnal-jurnal ilmiah terbaru ditulis dan dipublikasikan dalam bahasa Inggris sehingga untuk memahaminya kita mau tidak mau, suka tidak suka harus belajar memahami bahasanya terlebih dahulu sebelum keseluruhan topik yang dibahas di sana.

Tiap tahun selalu ada beasiswa entah itu yang disponsori oleh pemerintah maupun dari kampus luar yang mencari mahasiswa yang bisa kita apply untuk melanjutkan studi di luar negeri. 

Ini berarti kita berkesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik, pengalaman dan teman baru serta tentu saja meningkatkan kualitas hidup kita.

Kalau ingin negara kita semakin berkembang ya salah satu syaratnya adalah memiliki orang-orang berkualitas dengan pendidikan yang mumpuni supaya SDM kita tidak ketinggalan dari SDM di luar sana sehingga kita bisa mengolah sendiri SDA kita.

Oleh karena itu, faktor pendidikan menjadi salah satu ukuran kemajuan suatu negara.


Faktor Lingkungan


Di lingkungan kerja hampir semua instansi sudah mensyaratkan para pegawainya menguasai bahasa Inggris aktif, artinya beberapa tahun ke depan sumber daya manusia yang dinilai layak itu salah satunya harus mampu berkomunikasi dalam bahasa asing.

Ini berarti mendalami bahasa Inggris bisa membuka peluang kita untuk mendapatkan pekerjaan dan karier yang lebih baik ke depan. Ini berlaku terutama bagi para pembaca yang masih duduk di bangku sekolah entah itu di sekolah menengah maupun di bangku kuliah.


Selain itu dengan perkembangan teknologi sekarang ini, dengan akses yang begitu cepat dan begitu luas kita bisa saja mencari pekerjaan via internet dengan basis bahasa Inggris yang luas.

Banyak orang-orang yang mendapatkan pekerjaan dari Internet dengan memanfaatkan skillnya. 

Bagaimana mereka berkomunikasi? 

Jawabannya sudah pasti Anda bisa tebak.

Selain itu, mudahnya mengakses konten dari internet membuat kita bebas untuk memilih apa yang kita inginkan. 

Entah itu streaming lagu atau video, main game, baca online, dan beragam hal yang berkaitan dengan internet hampir memuat konten berbahasa Inggris.

Ini berarti jika kita ingin menjadi bagian komunitas yang besar salah satu caranya adalah menguasai kemampuan berbahasa Inggris.

Selain itu, berikut beberapa poin yang menjadikan bahasa Inggris Wajib untuk dipelajari yang saya sari dari beberapa sumber di internet.

#1 Bahasa yang paling banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia sehingga sering kali dijadikan bahasa universal.

#2 Bahasa yang digunakan dalam bidang sains, komputer, diplomasi dan dunia pariwisata. Banyak peluang pekerjaan yang bisa kita ambil dari sini termasuk juga peluang kita untuk bertamasya ke luar negeri.

#3 Bahasa resmi yang digunakan oleh 53 negara. Ini berarti kita bisa mengunjungi setidaknya negara-negara tersebut tanpa takut terjadi miscommunication.

#4 Bahasa yang digunakan sekitar 400 juta orang di seluruh dunia sehingga mudah bagi kita untuk travelling keliling dunia.

#5 Bahasa yang digunakan dibanyak media, seperti buku, koran, film, TV shows (lebih asyik menonton langsung tanpa harus sibuk melihat subtitle, bukan?)

#6 Bahasa yang digunakan dalam dunia internet, mayoritas situs, website, blog, youtube, media sosial, menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi.

#7 Bahasa yang menggunakan abjad romawi seperti halnya bahasa Indonesia sehingga lebih mudah ketimbang huruf Jepang, Cina, Arab atau Rusia.

#8 Memberikan sebuah kepuasan jika bisa menguasainya.  

#9 Dengan lancar berbahasa Inggris kalian bisa memiliki kesempatan untuk belajar di luar negeri.

#10 Selain mempelajari bahasanya tidak jarang kita akan belajar bagaimana budaya dari orang-orangnya sendiri. Kita jadi banyak belajar tentang kehidupan mereka, kebiasaan termasuk juga cara berpikirnya.

#11 Meningkatkan kepercayaan diri karena tidak semua orang Indonesia bisa berbahasa Inggris. Walaupun masih di level pemula kita harus percaya diri bahwa kita bukan orang kebanyakan.

#12 Melatih otak kita. Bukan rahasia kalau belajar apa pun dapat melatih otak kita supaya menjadi lebih cerdas. Ada sebuah penelitian bahwa mempelajari bahasa asing dapat menunda kepikunan sampai 5 tahun.

#13 Kencan dengan orang asing. Nah ini adalah salah satu alasan yang tidak semua orang setuju tapi mayoritas dari kita setuju kalau ingin berkencan dengan bule. Sekedar INGIN gak papa ya !


Nah, itu tadi ulasan mengapa sih kita kok harus repot belajar bahasa Inggris sekarang ini.

Belajar bahasa Inggris bisa dengan berbagai cara yang tentu saja cocok dengan gaya belajar Anda dan dari sumber apa saja, misalnya novel, buku, komik, games, video youtube, medsos, dll.

So keep doing, because first you LEARN than you EARN.




Artikel Terkait

Mengapa kita harus belajar bahasa Inggris?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email